Jumat, 04 Juni 2010

MANFAAT DAUN SIRIH


Daun sirih yang bentuknya bulat panjang dan panjangnya kira-kira 7 cm serta lebar kurang lebih 5 cm, yang biasanya dipergunakan untuk makan sirih atau nginang(bahasa jawanya). Nenek-nenek moyang kita zaman dahulu, mempunyai khasiat sebagai berikut.
a). Apabila ada orang dewasa atau anak-anak mimisan(keluar darah dari hidung) dapat untuk menahan keluar darah tersebut.
Caranya ialah:
Anak yang mimisan disuruh berbaring terlebih dahulu, daun sirih dicuci bersih terus dilipat dan digulung yang kecil yang sekiranya dapat dimasukkan pada lubang hidung . Kemudian kompreslah kepala anak mimisan tersebut dengan handuk basah. Setelah tidak keluar darahnya boleh duduk kembali.
b). Khasiat yang kedua, daun sirih dapat dipergunakan sebagai obat batuk.
Caranya:
Daun sirih, gula batu, kayu manis, sermuanya diambil serperlunya, kemudian direbus dengan air sampai mendidih kalau sudah dingin kemudian disaring, setelah itu dapat diminum sebagai batuk. Tetapi kalau sedang menderita batuk, disamping minum obat tersebut pantangannya jangan makan makanan yang digoreng, juga jangan minum kopi.
c).Daun sirih diremas-remas dalam air sampai hancur, kemudian air sirih tersebut disaring dengan kain tipis. Saringan air sirih dapat untuk mencuci mata yang kabur .
Setelah anda mengetaui khasiat daun sirih , SXelamat mencoba dan memanfaatkannya mulai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar